Lip And You

Pilih Jurusan Kuliah Untuk Masa Depan Yang Lebih Cerah

01 June 2016

Pilih Jurusan Kuliah Untuk Masa Depan Yang Lebih Cerah

Masa-masa SMA itu identik dengan masa-masanya bergaul. Jangan sampai karena kamu keasikan bergaul, jadi lupa deh kalau masa SMA ini berakhir kamu harus menyiapkan diri untuk masuk  kuliah. Ga mau kan kalau masa-masa kuliah yang harus selesai selama 4-5 tahun, kamu habiskan di jurusan yang salah? makanya perlu pertimbangan yang matang untuk memilih jurusan kuliah. Jangan sampai jurusan yang kamu ambil hanya karena keinginan orangtua, tapi juga harus sesuai dengan passion, hobi dan nyambung dengan pengetahuan yang kamu dapatkan selama di SMA. Daripada kamu terus-terusan bingung mencari jurusan kuliah, kamu bisa pilih jurusan-jurusan berikut sebagai pertimbangan :

Suka Biologi Pilih Kedokteran 
Inget nggak? semasa kecil, setiap ditanya cita-cita kamu apa, mungkin kamu cuma punya jawaban polisi atau dokter. Walaupun seperti "template" tapi nggak ada salahnya cita-cita yang dulu kamu inginkan, kamu wujudkan menjadi kenyataan. Naah, buat kamu anak IPA kamu lebih beruntung bisa masuk jurusan Kedokteran dibanding jurusan IPS. 

Kenapa suka biologi harus pilih kedokteran? karena pelajaran biologi sangat berhubungan sama kedokteran. Waktu kamu belajar mata pelajaran Biologi, kamu dituntut untuk tahu lebih dalam soal isi badan (tubuh) kita, mulai dari kulit sampai bedah jantung, hati, ginjal dan organ tubuh lainnya. Profesi dokter juga masih dianggap keren dan bergengsi banget di Indonesia, tapi juga perlu usaha keras untuk masuk jurusan ini, konon persaingannya sangat ketat terutama untuk masuk jurusan kedokteran di perguruan tinggi negeri.

Suka Ngobrol Ya, Pilih Jurusan Komunikasi
Sering ngobrol bukan berarti suka ngobrol di dalem kelas waktu guru lagi nerangin ya, Girls. Tapi kalo kamu termasuk orang yang bawel atau suka ngajak orang baru ngobrol, naah kamu bisa pilih jurusan ilmu komunikasi, Girls. Kalo jurusan yang satu ini, nggak memandang kamu jurusan IPA atau IPS. 

Jurusan Ilmu Komunikasi ini ternyata mempunyai banyak cabang supaya kamu lebih fokus mendalaminya. Misalnya buat kamu yang suka ngoceh-ngoceh sendiri bisa pilih Broadcasting, kamu yang suka nulis bisa pilih Jurnalistik, naah kamu yang mudah ngobrol sama orang lain bisa memilih Public Relations dan Komunikasi Media, kamu yang kreatif dan passion di bidang periklanan bisa pilih jurusan Advertising, bahkan kamu yang jago jualan juga bisa pilih Komunikasi Pemasaran atau Komunikasi Bisnis. Waah, pokonya masih banyak yang bisa kamu pilih Girls, jadi masa depan kamu juga tetap cerah sesuai passion yang kamu punya.

Jago Gambar Pilih DKV
Kamu salah satu yang punya bakat gambar dari semasa SD sampai SMA? Naah, kamu nggak perlu bingung mikirin jurusan apa yang pas buat kamu, sekarang ini udah ada fakultas yang bisa mengasah kemampuan menggambarmu, yaaa DKV (Desain Komunikasi Visual) bisa kamu pilih. DKV nggak cuma buat kamu yang mau ngambil jurusan seni rupa aja, apapun yang berhubungan dengan desain bisa kamu perdalamm lagi teknik menggabarmu. Di jurusan ini kamu akan belajar tentang seni modern desain. Gimana caranya kamu tuangin ide ke dalam bentul visual agar semua orang ngerti apa yang ingin kamu sampaikan. Sekarang jurusn ini banyak di cari sama perusahaan iklan, rumah produksi, percetakan maupun media. 

Sering Otak-atik Komputer Cocok Masuk Sistem Informatika 
Pelajaran komputer di sekolah kamu bisa dapet nilai paling bagus? Kamu cocok banget kalau ambil kuliah jurusan Sistem Informatika. Di jurusan ini kamu bukan disuruh ngoprek-ngoprek isi komputer, tapi kamu hanya memperlajari sistem yang ada pada komputer dan teknologi di dalamnya. Nggak ada salahnya Girls, kalau kamu bisa perdalam sistem informatika, dari jurusan informatika kamu bisa mengembangkan program digital, mendesain website bahkan membuat aplikasi. 

 

So, girls.. sudah tau kira-kira jurusan apa yang sesuai dengan passion, hobi dan pengetahuan kamu?

We're On Social Media